Kejari Sekadau Bagikan 100 Paket Sembako kepada Warga yang Terdampak Pandemi Covid-19

Kejaksaan Negeri Sekadau dan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Daerah Sekadau membagikan bingkisan sembako kepada para pekerja informal di dalam kota Sekadau, Kalbar, Rabu (8/4/2020).

Bantuan itu diberikan kepada para pekerja harian seperti penambang sampan, ojek pangkalan dan tukang parkir yang menggantungkan hidupnya di seputaran steigher pasar Sekadau.

Serta lansia dan warga yang sedang sakit yang bermukim di sekitar Kantor Kejaksaan Negeri Sekadau.

untuk membantu meringankan beban masyarakat, terutama para pekerja di sektor informal yang sedang mengalami kesulitan dalam mencari nafkah sehari-hari karena situasi dan kondisi saat ini sebagai dampak Wabah Pandemic Virus Corona (COVID-19).

Kepala Kejaksaan Negeri Sekadau mengatakan bahwa bakti sosial yang dilakukan tersebut merupakan bentuk nyata program Kejaksaan “Adhyaksa Peduli Masyarakat”.

“Khusus di daerah Kalimantan Barat dilaksanakan secara serentak pada hari Rabu, 8 April 2020 oleh para pegawai Kejaksaan dan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini,” jelas Kejari Andri Irawan.

Sebanyak 100 paket yang berisi beras, minyak goreng, mie instant, gula pasir dan teh yang dibagikan tersebut berasal dari sumbangan para pegawai Kejaksaan Negeri Sekadau dan keluarganya.

Serta ditambah dengan sumbangan dari beberapa pengusaha yang memiliki kepedulian tinggi untuk berbagi dengan sesama.

Selain itu untuk literasi dan edukasi kepada masyarakat, dalam paket sembako juga disertakan flyer himbauan kepada masyarakat untuk ikut berperan serta secara aktif memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dengan cara :

1). Selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan;

2). Menghindari kerumunan;

3). Selalu cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau gunakan Hand Sanitizer;

4). Menjaga jarak minimal 1 meter dan hindari kontak fisik (bersalaman/bersentuhan); dan
5). Gunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Dalam pelaksanaan pembagian sembako, para pegawai Kejaksaan dan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Daerah Sekadau juga dilengkapi APD berupa masker dan sarung tangan.

Dengan mekanisme penyaluran dilakukan secara mobile dan on the spot langsung ke sasaran, baik menggunakan jalur darat menggunakan mobil maupun jalur sungai menggunakan perahu kelotok.