Workshop Parenting Manajemen Sekolah dan Peningkatan Kualitas PAUD

Pada tanggal 2 – 4 Mei  tahun 2017, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Pusat mengadakan Workshop tentang Parenting, Manajemen Sekolah dan Peningkatan Kualitas PAUD. Workshop diikuti oleh seluruh ketua IAD Wilayah, bidang pendikan dan Kepala sekolah serta perwakilan guru dari sekolah Adhyaksa yang berada di bawah Pengawasan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Pusat, juga perwakilan dari IAD di masing-masing lingkungan Kejaksaan Agung.

Workshop diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh peserta dan dilanjutkan dengan laporan Ketua Panitia Workshop Ny. Ninom Elvis Jhonny. Setelah itu kegiatan Workshop dibuka oleh Ketua Umum IAD Ibu Ros Ellyana Prasetyo yang sebelumnya memberikan sambutan di acara Workshop. Dalam sambutannya Ketua Umum menyampaikan bahwa tujuan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini mengadakan “Workshop Parenting” ini, untuk memberikan pengetahuan dan menambah wawasan kepada kita semua pada umumnya dan para Kepala Sekolah, Guru, serta Pengelola Sekolah TK Adhyaksa di seluruh Indonesia pada khususnya.

Betapa pentingnya pola didik dan pola asuh yang penuh cinta dan kasih sayang pada masa usia emas terhadap pertumbuhan kecerdasan dan karakter anak didik. Selain itu, untuk menunjang keberhasilan pendidikan usia dini tersebut diatas, perlu juga kiranya pengetahuan tentang bagaimana caranya agar kita dapat meningkatkan managemen dan kualitas sekolah yang kita miliki serta berharap para peserta dapat mengikuti Workshop Parenting ini dengan seksama sehingga dapat memahami dan menerapkannya dalam keluarga masing-masing. Selanjutnya dapat pula melaksanakannya di sekolah-sekolah Adhyaksa .

Selain itu, hal ini juga dapat disosialisasikan dalam keluarga Adhyaksa dan masyarakat sekitarnya sehingga harapan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang cerdas, handal, dan berakhlak mulia dapat tercapai.

Workshop ini menghadirkan para nara sumber yang merupakan pakar dalam dunia pendidikan dan psikologi anak diantaranya yaitu :

  1. Yayasan IHF ( Indonesia Heritage Fondation / Yayasan Warisan Nilai Luhur Indonesia ) pimpinan Ibu Ratna Megawangi Sofjan Djalil  yang mengembangkan sistim pendidikan dengan menerapkan model “ Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK)“ yang diwakili oleh Ibu Drg. Rachma M.Kes dan Tim,
  2. Dirjen Pembina Paud dan Dikmas Bapak Ir. Harris Iskandar P.Hd.
  3. Ibu R. Ella Yulaealawati,MA,P.Hd  Direktur Pembinaan PAUD dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
  4. Bapak Ahmad Baidowi dari Yayasan Sukma Jakarta
  5. Ibu Hartati M.Pd Pengawas TK Negeri Pembina Tingkat Nasional
  6. Ibu Tati Yuliati Indra Satari  SPd ,Kepala TK Pembina Tingkat Nasional.

Workshop yang diselenggarakan selama 3 (tiga) hari ini, tidak hanya memberikan pengetahuan untuk peningkatan manajemen sekolah dan peningkatan mutu Paud juga mengajak para peserta mengunjungi Sekolah Karakter IHF di Cimanggis Depok.

Di Sekolah Karakter, peserta dapat melihat bagaimana sekolah karakter IHF menyiapkan para siswa agar dapat menghadapi berbagai tantangan di abad ke-21, yang memerlukan manusia-manusia kreatif, kritis, dan imajinatif (problem solver), mandiri, aspiratif, beretos kerja tinggi, dan berani mencoba (entrepreneurial spirit), serta adaptif, mempunyai kecerdasan emosi dan spiritual tinggi (berkarakter). Di Sekolah Karakter IHF,Para peserta diajak mengelilingi area sekolah dan melihat metode-metode apa saja yang diajarkan untuk anak didik di sekolah tersebut.